Selamat Hari Keadilan Internasional 2024

 

Hari Keadilan Internasional memperingati adopsi bersejarah Statuta Roma pada tanggal 17 Juli 1998, dan menandai pentingnya melanjutkan perjuangan melawan impunitas dan memberikan keadilan bagi para korban kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, dan genosida.

Penguatan peradilan pidana internasional dalam 20 tahun terakhir, dan khususnya penerapan Statuta Roma dan pembentukan sistem baru peradilan pidana internasional dan Pengadilan Agung ini, akan dipandang sebagai kemajuan revolusioner bagi perdamaian dan supremasi hukum. Sehingga harapan kita pada Hari Keadilan Internasional ini maka keadilan yang hendak dicapai dapat terwujud terlebih dengan situasi Israel-Palestina saat ini.

Hari Keadilan Internasional merupakan pengingat bagi semua negara yang berkomitmen terhadap keadilan yang adil dan tidak memihak bagi para korban kejahatan terburuk di seluruh dunia: untuk segera memastikan dukungan berkelanjutan terhadap sistem peradilan internasional. Hari Keadilan Internasional juga merupakan pengingat bagi para pendukung terkuat Pengadilan ini, yaitu masyarakat sipil: untuk tetap teguh pada komitmen awal mereka dalam mendirikan Mahkamah Pidana Internasional, dan sekarang untuk memajukan sistem peradilan internasional Statuta Roma yang bermanfaat bagi semua orang.


Penulis: Kepala Humas I: Kharan Christopher Pardomuan, S.H.