Selamat Hari Anak Nasional Tahun 2024


Hai Rekan KRI, tahukah kalian hari ini merupakan hari anak nasional?

Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh.Masa depan bangsa berada di tangan anak saat ini. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Pasal 28 huruf b ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah menjamin dan melindungi anak atas hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh dan berkembang, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Selanjutnya dengan disahkannya Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak dengan mempertimbangkan bahwa anak adalah potensi serta penerus cita-cita bangsa yang dasar-dasarnya telah diletakkan oleh generasi sebelumnya, agar mampu memikul tanggung jawab tersebut, anak perlu mendapat kesempatan yang seluas luas nya untuk tumbuh dan berkembang dengan wajar baik secara rohani, jasmani maupun sosial.

Pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan anak dan untuk mengoptimalkannya dilakukan dengan mendorong kepedulian semua pihak dengan menyelenggarakan Peringatan Hari Anak Nasional. Dengan dasar tersebut, selanjutnya ditetapkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 tentang Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli, yaitu tanggal pengesahan Undang Undang tentang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979.

Kemudian dengan memperhatikan Pasal 73A Undang-Undang RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undangan Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, bahwa dalam rangka efektivitas penyelenggaraan Perlindungan Anak, Kementerian PPPA perlu melakukan koordinasi lintas sectoral dengan kementerian/Lembaga dan pemangku kepentingan lainnya,di antaranya dalam pelaksanaan peringatan Hari Anak Nasional (HAN). HAN dirayakan sebagai momentum penting untuk mengkampanyekan pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kapuas Raya Indonesia adalah Lembaga Publik yang berskala Nasional di Provinsi Kalimantan Barat beserta jajaran mengucapkan “Selamat Hari Anak Nasional”, cita-cita Indonesia Emas Tahun 2045 adalah tujuan negara ini yang harus digapai.


Penulis: Kepala Humas I -Kharan Christopher Pardomuan, S.H.