Kepala Advokasi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kapuas Raya Indonesia


Handoko, S.H., adalah Advokat aktif dari Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI) hingga saat ini, dalam perjalanan karirnya Handoko memiliki banyak pengalaman kerja yang beragam. Pada tahun 2017, ia bekerja sebagai surveyor di sebuah lembaga survei pemilihan Calon Walikota/Wakil Walikota Singkawang. Kemudian, ia bergabung dengan Perkumpulan Bantuan Hukum Kalimantan (PBHK) sebagai staf magang dari November 2017 hingga Desember 2018. 

Tugasnya termasuk mengawal kasus dari penyiapan berkas hingga putusan pengadilan, melakukan advokasi, pendampingan masyarakat, serta survei lapangan. Pada tahun 2018, Handoko bergabung dengan JARI Indonesia Borneo Barat sebagai tim penelusur rekam jejak calon komisioner Komisi Informasi Kalimantan Barat. Di tahun yang sama, ia juga terlibat dengan Sawit Watch, sebuah organisasi non-pemerintah yang fokus pada advokasi dampak negatif perkebunan besar kelapa sawit. 

Selain itu, ia juga bergabung dengan Indonesia Corruption Watch (ICW) sebagai tim penelusur rekam jejak calon DPR RI Provinsi Kalimantan Barat. Pengabdiannya di Perkumpulan Inisiatif dari tahun 2018 hingga 2019 mencatatnya sebagai Koordinator Tim Sekolah Politik Anggaran Kalimantan Barat. Handoko juga bekerja di PT BCA Finance dari April 2019 hingga Maret 2024, di mana ia fokus pada pembiayaan kendaraan roda empat atau lebih. Prestasinya di perusahaan ini termasuk sebagai lulusan program Super SPV terbaik pada Juli 2021. 

Handoko juga aktif dalam berbagai organisasi selama masa studinya. Ia adalah anggota Persekutuan Mahasiswa Kristen Protestan Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dari tahun 2013 hingga 2017 dan menjadi staf Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) di JUSTITIA CLUB Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dari tahun 2014 hingga 2017. Ia juga menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura dari tahun 2016 hingga 2017 dan aktif di Sekolah Anti Korupsi pada tahun 2017. 

Pada tahun 2018, ia menjadi Koordinator Sekolah Politik Anggaran Kalimantan Barat. Prestasi akademisnya termasuk menjadi delegasi Kompetisi Debat Hukum UII Law Fair pada tahun 2016. Dengan berbagai pengalaman dan keahliannya, Handoko, S.H. merupakan seorang profesional yang berdedikasi dan berkomitmen dalam bidang hukum dan advokasi.

Saat ini Handoko menjadi Kepala Advokasi LBH Kapuas Raya Indonesisa Tahun 2023-2028 dan juga dipercaya menjadi Koordinator Ketenagakerjaan dan Transmigrasi LBH Kapuas Raya Indonesia Tahun.

Adapun Tupoksi sebagai Kepala Advokasi LBH Kapuas Raya Indonesia (KRI) sebagai berikut:

a.        Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan Indonesia, kebijakan, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang sebagai pedoman pelaksanaan tugas baik internal dan eksternal;

b.        Menyusun Rencana Kerja Advokasi dan bertanggung jawab kepada Ketua sebagai laporan rutin;

c.        Menyiapkan bahan dan rencana pokok kerja Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kapuas Raya Indonesia (KRI) untuk kepentingan advokasi;

d.        Melaksanakan pelayanan administrasi, konsultasi, dan bidang pelayanan bantuan hukum dengan berkoordinasi dengan Tenaga Administrasi;

e.        Menyusun dan melaksanakan sosialisasi dan desiminasi suatu produk hukum baik internal dan eksternal; dan

f.         Berkoordinasi dan bekerja sama dengan HUMAS terkait hubungan membina hubungan baik internal dan eksternal.